ADAB SAAT BERSIN

Adab-Adab Saat Bersin #

Diantara adab yang diajarakan oleh Islam adalah jika kita mendengar seseorang bersin lalu mengucapkan “Alhamdulillah” (الحمد لله) maka wajib bagi kita untuk mengucapkan “Yarhamukallah” (يرحمك اللّه) untuknya.

Dan rumusnya, ucapan

“Yarhamukallah” hanya diucapkan ketika orang yang bersin mengucapkan “Alhamdulillah”. Jika ia tidak mengucapkannya maka tidak perlu mengucapkan “Yarhamukallah”.

Hal ini didasarkan pada hadis dari sahabat Anas radhiyallahu ‘anhu :

عَطَسَ رَجُلاَنِ عِنْدَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَشَمَّتَ أَحَدَهُمَا وَلَمْ يُشَمِّتِ الآخَرَ. فَقَالَ الرَّجُلُ يَا رَسُولَ اللَّهِ شَمَّتَّ هَذَا وَلَمْ تُشَمِّتْنِي. قَالَ  ” إِنَّ هَذَا حَمِدَ اللَّهَ، وَلَمْ تَحْمَدِ اللَّهَ ”

“Ada dua orang laki-laki yang bersin di sisi Rasulullah shalallahu ‘alayhi was sallam. Maka beliau mendoakan salah satu diantara mereka berdua dan tidak mendoakan yang lainnya. Maka laki-laki yang tidak didoakan tadi bertanya : ‘Ya Rasulullah, kenapa engkau mendoakan dia tapi tidak mendoakanku ?’ Beliau menjawab : ‘Sesungguhnya dia memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah) sedangkan engkau tidak memuji Allah.” (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i)

20 Paket Video Islam Dan Kajian Ilmiah HANYA Rp.125.000

Kemudian, ketika orang yang bersin mendengar seseorang mendoakannya dengan “Yarhamukallah”, hendaknya ia mengucapkan “Yahdikumullah wa yushlihu balakum” (يهديكم اللّه و يصلح بالكم).

Penggunaan “Yarhamukallah” sendiri dapat berubah tergantung jenis kelamin dan jumlah orang yang bersin. Rinciannya adalah sebagai berikut :

Laki-laki tunggal : Yarhamukallah
Perempuan tunggal : Yarhamukillah
Dua orang (semua jenis kelamin) : Yarhamukumallah
Laki-laki lebih dari dua orang : Yarhamukumullah
Perempuan lebih dari dua orang : Yarhamukunnallah

Semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: