Teknologi bikin ingatan manusia tak berarti!

Apakah Anda sulit mengingat nomor telepon pribadi Anda? Berusaha

mati-matian mengingat nomor telepon rumah Anda dan ulang-tahun anggota keluarga, sebelum akhirnya membuka ponsel Anda? Kalau iya, berarti Anda termasuk generasi yang ‘diperbudak’ perangkat telekomunikasi.

Dalam jajak pendapat yang dirilis Jumat (13/07) dan dilansir dari Reuters, menyatakan booming peralatan komunikasi baik itu yang sifatnya mobile maupun portable yang memberi kemudahan untuk dibawa serta menyimpan bergudang-gudang informasi pribadi telah menciptakan ‘satu generasi yang tak mampu mengingat masalah-masalah sepele’.

Seperempat orang yang ditanyai mengatakan mereka tak mampu mengingat nomor telepon mereka, sementara dua pertiga tak bisa mengingat hari ulang-tahun lebih dari tiga orang teman atau anggota keluarga mereka.

Yang lebih mencengangkan lagi, generasi muda yang mengerti teknologi ternyata memiliki daya ingat yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang lebih tua. Mereka yang berusia di bawah 30-an tahun hanya mampu mengingat lebih sedikit hari ulang-tahun dan angka dibanding orang yang berusia di atas 50 tahun.

Survei yang dilakukan majalah ‘Puzzler Brain Trainer’, dengan jumlah responden 3 ribu orang selama dua pekan ini juga menyebutkan sekitar dua-pertiga responden mengatakan mereka mengandalkan pengatur telepon atau alat organizer elektronik untuk mengingat tanggal penting.

“Makin banyak yang harus diingat orang sekarang ini, dan mereka lebih mengandalkan teknologi dibandingkan daya ingat mereka,” kata Ian Robertson, Profesor Psikologi di Trinity College, Dublin. (reuters/rit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: