Seandainya di tilang.

sodara-sodara, meski banyak kerjaan di kantor, gue
> hari ini telat
> dateng, demi misi mulia, yaitu ngurus Tilang secara
> jujur, tanpa nyogok.
> Satu hal yg perlu gue sharing buat kalian adalah :
> kalo lu ditilang di
> jalan oleh polisi apapun, jangan sekali2 damai atau
> ngasi duit, bilang
> tilang aja langsung. hasilnya tuh plokis pasti bete
> karena gak dapet
> duit, kedua, ngurusnya gampang kok, dan dendanya
> resmi…begitu
> sodara..sodara.
>
> Tips nya :
>
> 1. kalo lu ditilang di jalan sebenernya ada dua
> pilihan (gue juga baru
> tahu), form biru dan form merah.
>
> 2. Form biru adalah kalo lu terima kesalahan lu
> (artinya lu gak perlu
> berdebat ama hakim). Dgn form ini lu bayar dendanya
> di BRI yg ditunjuk
> (nanti tabel dendanya ama lokasi BRI bisa minta ke
> gue kalo minat), abis
> bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg
> disita ke kantor
> Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru,
> sebelum Gelael arah
> cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang, ruang
> tunggu nyaman
> ber-AC, dengan hiburan SateliteTV (norak ya gue)
>
> 3. Form merah artinya lu gak terima kesalahan lu,
> dan dikasi kesempatan
> untuk berdebat ato minta keringanan ama hakim.
> Biasanya tanggal sidang
> adalah maksimum 14 hari dari tanggal kejadian,
> tergantung hari sidang
> Tilang di PN (Pengadilan Negeri) bersangkutan.
> Contoh gue ditilang di
> Kuningan, berarti sidang di PN Jaksel, jl ampera,
> disini sidang tilang
> setiap selasa. Nah oleh polisi, barang sitaan (SIM
> or STNK) akan disetor
> ke kantor Ditlantas pancoran itu sampai dengan H-1
> tanggal sidang. Jadi
> selama masih di pancoran SIM/STNK itu bisa ditebus
> tanpa sidang ke PN,
> cukup ke loket yg gue sebutin tadi, serahin form
> merah, bayar dendanya,
> SIM/STNK balik dengan sukses.
>
> 4. H-1 tgl sidang dan seterusnya, SIM/STNK udah
> dikirim ke pengadilan
> sesuai daerah perkara, jadi kudu ditebus di PN
> masing2
>
> 5. Kalo pengen hadir sidang, dateng sesuai tanggal
> sidang yang tertera
> di surat Tilang ke PN yg ditunjuk. Tapi ini gak gue
> saranin. Kenapa ?
> karena antreannya luarbiasa banyak, kita gak punya
> kesempatan bertemu
> hakim, karena sidangnya sebenarnya IN ABSENTIA, dan
> banyak banget CALO
> yg nawarin bantuan. Mending enggak deh
>
> 6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil
> SIM/STNK terserah elu di
> hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame,
> terus langsung tuju
> Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin
> form merahnya,
> dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan elu dengan
> bayar denda resmi.
> Sebelumnya cermati berapa denda resminya, biar gak
> dilebih2in ama
> petugasnya (tabel denda resmi gue punya in PDF).
> Contoh nih, gue tahu
> denda masuk jalur cepat (gue naik motor) Rp.15000,
> petugasnya bilang
> Rp.25600, dikasi angka 600 seolah2 itu perhitungan
> rumus2 njelimet,
> padahal akal2an aja biar ada yg masuk kantong dia.
> Gue kasi uang bulet
> 15.000 dia diem aja kok..hehe
>
> 7. Udah ngerti kan. jadi intinya : jangan sekali2
> damai ama polisi di
> jalanan, tilang mah tilang aja, pilih prosedur
> sesuai tips diatas, gak
> usah sidang kalo gak pengen bete, cuekin calo2 yg
> nawarin bantuan, bayar
> denda sesuai tarif resmi. Semua ini demi INDONESIA
> yg bersih dan
> berwibawa gemah ripah loh jinawi…hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: