Penting Banget (sebarin ya!)

assalamualaikum
 
Hari ini,Rabu 5 Juli 2006..Pertama2 gw mo minta maap ama loe semua karena gw nunda terlalu lama untuk posting cerita gw ini.Alasannya ada 2,pertama.gw sempet parno bgt n takut ama orang itu,gw takut kalo gw posting2 penglaman gw malah akan jadi bulerang yang ngancem keselamtan gw,kedua,gw tengsin aja ama loe pada,secara sebetulnya gw tau nii itu apa,tapi dengan sombongnya gw yakin gak bakal pernah terlibat..
 
Tapi yaudah,gengsi2 itu gak penting,seiiring dengan berjalannya waktu,kok makin banyak seh temen2 gw yang ditawarin,bahkan terlibat langsung(baca: gabung nii)???Yaudah, gw posting deh,karena gw gak mo loe,ato orang2 loe sayang,temen2 loe,ato keluarga loe smape terlibat aliran gak jelas kaya gene..bener deh,gw sedih,sedih banget..Jadi, gw minta doa loe semua,mudah2 gw gak diapa2in ya karena mosting ini..insyaalah Allah selalu ngelindungin gw,n temen2 gw..amin..
 
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh..
Ada suatu pepatah bilang kalo kita “seeing is believing” ato “experiencing is believing”(maksa bgt ya?!).Pengalaman gw ini mungkin bisa dijadiin pelajaran kalo sebaiknya kita harus selalu nanggepin serius perhatian orang,baik itu nasehat,perhatian atau pemberitahuan. .Cerita gw rada panjang neh,harus loe baca semua,jangan apatis apalagi gak peduli cos loe bisa aja jadi salah satu diantaranya. .
 
Pertama-tama, gw kuliah di salah satu universitas swasta IT terkemuka di Jakarta (disamarkan neh ceritanya.., Untuk selanjutnya, gw sebut kampus gw Universitas X aja ya..)) n gw sempet ngekos di deket kampus selama 6 bulan.Waktu awal2 pertama masuk kuliah,(sekitar bulan November deket2 GK..),gw lagi di kamar waktu sms dari Gilang n Ria(Temen alumni 70 juga) msk ke hp gw yang intinya ngajakin gw buat datang ke musholla jam 8 karena mau dengerin pengalaman Sita(alumni 70) yang sempet jadi “mangsa” (gw sebut mangsa karena dia gak gak sampai jadi korban) NII.Lalu Gilang juga ingetin gw buat hati2 di Universitas X cos aliran sesat semacam itu udah menjalar di kampus2. Tanggapan gw saat itu adalah “Iya,makasi udah ingetin,tapi kayaknya gw gak bakal kena deh,secara gw gak ikut rohis di Universitas X,n islam minoritas banget di antara orang2 keturunan di sini.Lagipula, akal sehat gw aja udah tau kalo ajaran NII itu gak masuk akal,masak zinah ama gak solat dibolehin asal bayar denda???Yaaaaaaaaa? gak mungkinlah gw kena?Hari gene masak ada alliran kaya getu,kaya sinetron Hidayah aja,getu..”
 
Pendek kata,ada temen lama gw,Meta, yang ngajakin gw ketemuan karena dia pngen ngobrol n reunian.Yaud. .gw sih asik2 aja.Meta bilang ama gw “Eh,temen gw ada yang butuh responden untuk kuesioner,biasa, anak psiko.Sebenernya gw malas tuh,tapi berhubung temen gw yang minta tolong,masak sih gw gak mau?? Hari Senen(kalo gak salah)gw ketemuan ama mereka jam 3an di north skywalk pim2,disana ada Meta n sebut saja- Tika,yang ngakunya anak psikologi dari “Univ NegeriYou-Know- Lah-secara-loe-semua- pengen-masuk- sana-kan” .Kita kenalan n gw ngomong “Yap,mana kuesionernya? ” TERNYATA Tika gak bawa n Cuma inget beberapa dari pertanyaan kuesioner dia.Mungkin ada 4 soal..Temanya tentang “Perilaku Remaja Dilihat Dari Sisi Sosial n Agama”(dalam hati:basi amat temanya..).Abis itu gw pulang karena percuma aja,Tika juga gak bawa n gw juga dah janji ma nyokap Cuma bentar di PIM.Tapi abis itu kita janjian lagi untuk nyelesaiin.
 
Sabtu,13 Mei 2006 pk 09.00
Hari ini gw janjian lagi ama Meta n Tika di tempat yang sama.Gw datang duluan,mereka terlambat getu deh.Ternyata Tika gak bisa datang n sebagai gantinya datanglah 2 cewek bernama Ve(semester akhir Hukum “Universitas- negeri-terkenal- di-Joyga” ) n Gita(katanya mereka saudaraan),yang mengaku sebagai temen 1 kelompok Tika yang berhalangan hadir karena sakit.Tapi waktu gw tanya ana kuesionernya, mereka bilang ketinggalan. .(!!) Yaudah,berhubung juga masih pagi,gw duduk2 aja di situ n ngobrol2 ama mereka.Gita membuka pembicaraan dengan “Ve,gemana neh,apa kabar?udah jarang ke rumah gw!Gemana tuh yang kemarin ke Malaysia?” Mendengar kata Malaysia,sontak
gw tanya “Malaysia apaan sih?”(gw tertarik ama cerita2 orang dari luar negeri-red-)
Ve :”Ya,getu deh,gw studi banding tentang islam getu”
Gw :”Studi banding apa?dibayarin? “
Ve :”Studi banding,gak usah diceritain deh,nanti loe boring lagi..”
Gw :”Gak kok!cerita aja lagi..”
Ve nanya apa ada yang bawa alquran,ya gw bilang,mana ada orang ke mall bawa quran??Tapi ternyata dia bawa,bo!canggih juga neh anak..pikir gw..Pengakuan dia,dia sekarang bawa2 quran setiap pergi karena studi banding di Malay ngubah pandangan dia tentang agama.Dia cerita kalo di Malay dia sebagai salah satu dari mahasiswa Indonesia yang dialog dengan mahasiswa muslim dari Nanyang University.Isinya berkisar tentang pertanyaan2 orang Malay,kan Indo banyak muslimnyaa neh,tapi kok ancur gene negaranya(pembunuha n,pencurian, korupsi,dkk. .).Nah di Malay tuh mereka dibilangin kalau kondisi di Indo disebabkan oleh kelakuan orang2 Indo yang Islam KTP doank,gak niru perilaku perilaku Nabi junjungan kita,Muhammad SAW.Terus dia ngomong sejarah2 islam dulu di Mekah,kebangkitan Islam.N mereka bilang kalo kebangkitan Islam yang kedua ada di Indonesia.Intinya Ve cerita tentang sejarah2 islam doang n sejarah itu kini lagi berlang lagi di Indonesia(berdasarkan teori=alquran adalah masa lampau,kini dan mendatang).Jujur, gw sama sekali gak berpikiran mereka itu NII cos kita gak ngomongin peraturan yang aneh2 nyeleneh atau apa lah yang gw tau tentang keburukan NII..Kita Cuma ngomongin sejarah,sejarah, dan sejarah islam..
 
Ve bilang kalo keadaan di Indo udah gak bener,banyak PPPPPP(Pembunuhan,pencurian,pemerkosaan,perampokan, dll) n hal ini juga terjadi di Mekkah dulu waktu jaman Muhammad ngajak kaumnya yang sesat tapi mereka gak pada mau.
 
Singkatnya,Ve ngajak gw HIJRAH untuk pindah dari negara yang sudah bobrok ini,pengertian gw waktu itu,hijrah itu BERUBAH,bukan pindah,apalagi pergi.Ya misalnya kalo kita dulu suka ngomongin orang,kita ilangin tuh perbuatan jelek,kita hijrah dari yang jelek ke yang bener.. Dia bilang untuk selamat dunia akhirat harus hijrah ke NEGARA KARUNIA ALLAH,lagi2 pengertian yg gw dapat adalah NKA itu Cuma semacam “kata2 mutiara” lah,ibarat kaya hal2 yang hidup dalam hati kita aja(ngerti kan??).Begitu gw tanya apa NKA itu real ato Cuma kiasan,apa NKA itu bener2 ada,punya pemerintahan, punya bendera,n syarat2 lain sebagai sah berdirinya suatu negara,dia bilang gene “Orang kafir itu baru percaya setelah melihat,dia selalu minta bukti nyata”.Pokoknya apa2 yang mereka yang bilang selalu berdasarkan quran.Gw udah curiga,masalahnya mereka ambil sepotong2 ayat doang.Dugaan gw saat itu adalah:quran palsu atau quran nya asli tapi mereka ngartiinnya ngasal..Tapi keraguan gw belum full 100% kali ya..
 
Minggu,14 Mei 2006 pk 09.00
Hari ini gw janjian lagi ama mereka cos gw diajak makan siang,itung2 nambah kenalan(pikiran gw..).Tapi gak berapa lama kita ngobrol2,datnglah Ricky,temen Ve,-katanya- alumni “Universitas- dengan-tambahan- kata”beragama” -.Dia ikutan nimbrung cos alasannya dia juga ikut Ve waktu studi banding ke Malay.
 
Pk 14.00
Kita makan siang di A&W.Nah di sini gw mulai melihat keanehan yang amat2 aneh(??).Ricky2 ini mulai ngomongin syarat2 untuk hijrah(pengertian gw ttg hijrah masih ttg berubah).
1.Istiqomah, sabar,ikhlas, tawakal,cs. .(Oke lah,masuk akal..)
2.Azam yang dilafazkan,intinya dia beranalogi,kalo loe punya duit,loe mau ngasi berapa seh buat Tuhan?(dia nunjukin ayat yang isinya:”..segunung emas pun gak bakal bisa balas karunia Allah”.Kata Ve+Ricky,buat cita2 aja..(Gw nudah inget NII neh,tapi belum ragu2 bener,gw mulai inget ttg modus minta2 duit getu..)
Yang pertama ditanya Gita,dia bilang 300 jt,Meta bilang 200 juta,pas gw ditanya gw Cuma bilang “30% pendapatan gw”(ngetes boleh dong..)Eh,dianya maksa spy gw bilang nilai yang Real,ya gw bilang aja,siapa yang akan tau yang terjadi ama gw?bisa aja sekarang gw berkecukupan, besok gw miskin?Ya kalo ada gw kasi,kalo gak ada ya uda..Kalo ditargetin malah jadi beban!” Ve bilang”Bukannya malah jadi motivasi?” “Gak,gw orangnya gak kaya getu..”
Syarat ketiga,INFAK, (gw udah tau kalo NII itu suka minta2 duit dengan dalih infak per bulan,saat si Ricky nulis nRianalnya di kertas,saat itu pula gw nebak,200 rb neh!!(kaya cerita2 yang pernah gw denger)ternyata beda tipis..150rb. .)Gw iya2 aja karena (he3,bego jg gw ya),gw pengen tau,sampai mana mereka akan membawa gw.
Syarat 4,Gak boleh pacaran.Gw ditanya punya pacar apa gak?gw jawab gak..cos karena emang gw gk pacaran..(Dia nyeletuk,”Kayaknya loe neh yang paling bersih..”
Syarat 5,gak boleh ngerokok,gw bilang aja gw gak ngokar..padahal. .(gak juga deng..)he3
Syarat 6 Gak boleh punya saudara dari satuan militer kaya polisi,abri, dll..
Gw tes lagi:”Kalo yang abri orang tua kita gemana?”
Ricky:”Loh,emang ortu loe ada yang abri?”(tampangnya kaget bgt neh..)Ya,secara fisik dia masih ortu kamu,tapi secara ideologi udah beda..(dalam hati:jawaban yang gak jelas,teman. .)
Gw:”Gak,nanya doang”
Ricky:”???”
TERUs Ricky bilang kalo mo hijrah harus ada pengecekan,di sinilah gw mulai2 gemana?getu.. “lah,bukannya kalo hijrah yang tau kalo kita udah berubah apa belum itu kita sendiri ama Allah?!”(dalam hati)
Ricky bilang dia mau telepon aparatnya,untuk pengecekan(kaya interview getu,loe udah seberapa siap untuk gabung ama mereka) hari ini juga..dia setengah2 maksa getu n Gita juga udah bilang “Udah sekalian aja..” tapi gw bersikeras “Udah malam,gw ada tugas..”
Saat itu jam udah menunjukkan jam 6.30.Dia masih2 maksa2 ngemeng2 meyakinkan gw kalo pengecekan itu gak lama Cuma 30 menit..
Gw bilang aja “Yaudah lah!sekarang aja kita belum maghrib!!” Ve-Ricky”Oh iya..”
Kayanya merek agak nyadar getu kalo udah mau isya,karena posisi duduk mereka di north skywalk membelakangi kaca. (dalam hati:Mo hijrah,tapi sholat aja lupa waktu) Saking asiknya ndoktrinin gw..
 
Abis sholat gw udah mua pulang tuh cos pikiran gw udah mumet,ngantuk, n gw ada tugas.Disitu gw udah yakin 100% gw akan ikut yang namanya pengecekan.Gw rasa,kecurigaan gw beralasan,pengeceka n,lurah,camat, gubernur, dan kata2 lain ttg syarat2 itu tuh nama2 indah semesta alam doang..kalo sebelum itu mereka ngomong selalu berdasarr quran,ini gak lagi,sikap mereka ama gw juga udah rada2 jutek,gak humoris lagi.
 
Mereka nawarin untuk pengecekan besok (Senin 15 Mei),jam 12 siang untuk pengecekan,dia situ gw diharuskan bawa duit 500rb,mereka berpedoman denagn ayat “berkorban dengan HARTA dan diri”.Mereka juga nawarin caranya loh..ada menjual barang,menggadaikan barang,minta ortu,dan cara2 aneh lainnya..(bener2 gak masuk akal)
 
Gw bilang gw gak bisa cos gw emang udah gak ada nafsu datang n gw baru pulang kul jam 1.Ricky bilang,berkorbanlah dengan jalan Allah.(dalam hati:enak aja loe berkorban2,kalo absen gw full,gw harus ngulang lagi,bayar 500 rb lagi untuk ikut ujian ulangan,n gw rasa Allah juga gak mau gw nyusahin ortu lagi”)
 
Gw iya2 aja ajalah,gw capek,mo pulang,mo telp sita,mo nanya2 ttg aliran sesat ini..
 
Saat mo pulang,Ve nanya ama gw `Eh,loe tuh orangnya kalo ngomong straight to the point ya?”
Gw:”Kalo bisa langsung,kenapa harus basa-basi2?”
Ve:”kenapa?penjelas an ricky bertele2 ya?”
Gw:”Ya getu deh!”
 
Kita pisah di depan pm,dia naik 72 ke rumahnya di Tebet.Sebelum pisah dia bilang “Think fast aja,yakin aja ini juga buat Allah” Dalam hati neh..Kok think fast?bukan think wise atau apalah.. Udah getu,dia juga gak pake assalamualaikuim, gak cipika cipiki ganjil kaya temen2 rohis gw di 70.Aneh deh!
 
Gw pulang ke rumah ama Gita n Meta,karena mereka mau dijemout di rumah gw.Sampai rumah gw tlp Sita n cerita gw matching bgt ama cerita dia.Bedanya Cuma cara penyampain ke Sita kayaknya terlalu frontal dibanding gw..
 
Senin 15 Mei,pk 15.00
Gw mo ke BP,gw ke skul dulu karena gw mo ketemu Bu Lies,mo ambil tulisan gw.Abis beli kado,lah kok gw ketemu lagi ama Ve di depan pintu samping BP(yang deket optik melawai).Bikin bt! Gw udah mo ngajak kabur neh ama Meta,tapi berhubung Meta diem aja n gw takut diapa2in di kampus secara dia temen Gita n Gita adalah sodara Ve.Ve minta 10 menit unutk ngomong dengan alasan “kita ketemu baik2,kita selesaiin baik2”
Di POpeyes,dia ngemeng2 ngeyakinin gw n Meta..tapi gw juga udah gak ambil pusing.Pake bilang “Lakumdinukum waliyaddin”, lagi!bikin gw tambah kesel aja!agama kita sama,man!islam juga!kaya gw kafir dari negeri hola holi aja!
 
Meta ngajak makan di Marisaya ato di KFC tapi gw udah males cos gw gak mo papasan lagi ama antek2 NII itu,lagi..
 
Malemnya gw ditelp Gilang,kita ngomong panjang lebar,bla222222? .initnya gw udah tenang deh,tapi takut juga gw diteror,PASALNYA, gak sengaja temen gw nyebut alamat gw di depan Ve,kalo gw disatronin gemana?Ya paling2 abis itu gw Cuma sering dimiskol2 aja,bisa 20 kali di tengah malem..Gw gak tau ya siapa itu,nomornya gonta ganti sih!
 
Kata temen gw di Bandung,yang diincer NII itu biasanya udah dintai sejak lama.Gw tau kok,tapi gw gak bisa cerita di sini dengan alasan keamanan.Keamanan sapa?gw dan orang lain..
 
Gw Cuma kasian ama yang udah dengan tega nyeret gw (siapa?ya temen gw sendiri itu..),loe gak usah selamatin gw deh,biar gw cari jalan keselamatan sendiri,loe selamatin diri loe aja dulu.seandainya orang yang nyeret gw itu mau sedikit buka telinga n buka hati ama buka2 internet,loe pasti bakal tau,NKA itu SALAH,SESAT, dll..Adenya sopir gw ternyata pernah jadi pengikut NII selama 3 tahun.Dia ikut gara2 diajak maen ke pesantren XXXX(pesantren terbesar,trlengkap, trmoderen se Asia Tenggara),(cari di intrnet atau tanya gw langsung).N saat pengecekan dia kaya dimandikan,dikasi makan minum n setelah itu dia lupa keluarga,lebaran gak pernah pulalng kampung,n nyetor 300rb per bulan ke NII,bayangin, dia itu cuma buruh pabrik,dapat darimana duit sgitu,belum bayar kontrakkan,dll. .Walahualam deh..
Itu kan namanya ngajak miskin!Islam tuh mempermudah, gak mempersulit!
 
Gw sekarang masih rada2 parno,setiap ada telp masuk dengan no yg gak gw kenal,gw selalu minta orang lain angkatin dl.Gw selau inget wajah2 orang itu(dari awal gw ketemu senin-minggu) cos mukanya mirip2 anak 70 juga.Gw gak bakal lupa,mungkin kebetulan,mungkin juga Allah mau supaya kalo gw ketemu mereka lagi,gw bakal:waspadalah! waspadalah!
 
Gw akuin ini gak lepas dari ego gw yang besar,GW GAK BAKAL KENA KOK!!Padahal, yang gak gw tau,mereka tuh gak sefrontal itu ngajakin loe gabung,mereka ngajak loe dialog dulu,ngebuka pikiran loe,dll.Mereka gak langsung ngajak loe,gabung yuk gabung?gak gitu! Gw udah tau ttg NII ini,tapi ya kok bisa gw ditargetin,n gw juga gak gak curiga,ini karena pemahaman gw yang salah ttg NII.
 
Gw aja yang udah tau HAMPIR digabungin,gemana yang gak tau sama skali?Kasi2 tau ke temen2 loe deh,sodara2, dll..jangan apatis ama masalah ini.Karena ini bener2 terjadi,gak kaya di sinetron doang..
 
YANG PERLU LOE KETAHUIN TTG NII (KESIMPULAN GW):
1. Kalo dia nargetin loe,dia udah ngincer loe sejak lama.Inget2 deh,apa ada temen loe yang pernah nanya “Apa loe punnya sodara TNI,polisi,abri? ” Kalo loe bilang gak,loe jadi target mereka cos NII paling takut ama ABRI,liat sejarahnya aja,anak ips pasti tau..
2. Gw pernah ditanyain ama 2 orang temen gw,1 di Universitas X,1 di univ laen pertanyaan itu.
3. NII gak nyari orang2 yang bego2 itu,dia seneng tampang2 orang serius,concern akan sesuatu n suka diajak diskusi.
4. NII dalam praktekknya selalu di mall(untuk target mahasiswa)
5. NII selalu bawa alquran denngan disampuli cover hitam kulit motif bintil2 berukuran setengan buku tulis “CAMPUS”,sehingga dari luar orang gak tau itu alquran
6. Hati2 kalo diajakin MLM(multi level marketing)!modusnya hampir sama tuh..
7. NII kalo ngomong selalu berpatokan quran,tapi ½ ½ ,diambil ayat2 tertentu aja
8. Biasanya orang NII ngaku kalo mereka pernah lama di Mesir,lama di pesantren ini lah,pernah ikut studi banding di Malay,lah..
9. Gw gak ngerti deh,orang NII juga selalu ngaku2 anak psiko “Univ-negeri- you-know- lah-secara- loe-semua- pengen-masuk- sana-semua- “. (kasus gw n Sita)ada apa dengan psiko univ itu?
10. Kosakata yang loe perlu tahu tentang NII:
Negara Karunia Allah
Hijrah
Camat,lurah, gubernur
Pengecekan
Dia selalu bilang kalo loe tuh KAFIR
Infak perbulan
11. Hati2 ama kuesioner(selain kueisioner produk ya..)apalagi temanya udah agama2 getu,dengan loe ngisi kuesoner,mereka tau cara pandang loe terhadap suatu masalah.
 
PS:Nama2 di atas sengaja disamarkan,bukan nama asli.
 
Tambahan yang gw tulis hari ini,Minggu,25 Juni 2006..
Gw tulis ini udah lama,sekitar bulan Mei,aslinya mau gw taro milis,tapi milis angkatan gw isinya itu2 aja jadi ya gw diemin aja..TAPI,kemaren temen gw telp gw,sebut aja-Dewi-,dia bilang di a diajakin gabung sama NII,padahal gw uda cerita pengalaman gw ke dia,kok masih kena juga ya???(mungkin dia gak curiga cos yang ngajak dia temen dia,temen gw juga..sedih deh gw..1 lagi temen gw jadi korban..)
So,adek2ku,karena kalian udah mau kuliah,ati2 ya..ati2 kalo milih temen,bahkan temen terdekat kalianpun bisa jadi yang akan njeblosin kalian juga..Buka mata,buka telinga,up2date tentanng berita2 kampus,gak Cuma di kampus kalian aja,tapi di kampus orang lain..
 
Email ini kalian sebarin aja..pastinya kalian juga gak mau jadi korban dan gak mau orang yang kalian sayang jadi korban kan??jadi kalo kalian gak mau liat anak 70 jadi korban lagi,sebarin ke seenggaknya 10 email orang yang kalian kenal..ok..
 
Mo tau cerita lebih lanjut,cari di Google aja,atau di
http://zaytun. blogspot. com/
 
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. .
 
PS:Kemaren,tgl 2 Juli 2006,gw maen ke kos temen gw,tujuan gw kesana itu mo numpang sholat maghrib cos gw baru dari klinik di depannya.Abis Sholat,gw maunya ngasi tau dia ttg NII,dia kan dari lampung getu..TAUNYA. .lah kok dia bilang ke gw kalo dia itu orang NII,tapi udah keluar kok..(sumpeh deh,shock gw dengernya!). Dia sempet 2 bulan gabung ama NII n udah keluar duit 14 Juta,4 juta tabungan dia,10 juta dia bokis2 getu ama bonyoknya..Makanya itu temen2,sekali gw minta ama loe,email gw ini jgn sampe putus di tengah jalan karena dengan meluangkan sedikit biaya warnet n sedikit bandwidth,loe udah menolong sekian banyak orang di luar sana,temen2 loe,yang mungkin jadi sasaran kelompok ini berikutnya..
 
Berdasarkan cerita temen gw ini,kelompok ini paling doyan “merayu” target nya di tempat2 rame kaya di mall n pusat perbelanjaan lainnya.Beberapa tempat yang patut loe waspadai adalah:
1.Plaza Semanggi,di sekitar resto2 yang sepi getu..
2.PIM,kalo gak di skywalk,ato gak di A&W,KFC(resto yang sepi2..)
3.Carrefour Lebak BUlus
4.Mall Depok
5.Food Court ITC Permata Hijau
5.Mall Taman Anggrek
6.Toko Buku,ati2 kalo loe ada di toko buku n tiba2 ada orang asing yang negur loe,pura2 nanya buku yan loe baca,pura2 ngira loe itu temen dia,dll..
 
Mungkin kalo sedikit “kurang kerjaan”,kalo loe lagi ke tempat2 yang gw sebutin di atas itu,n ngeliat ada sekelompok orang yang lagi bergerombol di suatu meja(biasanya 5-6 orang),n keliatannya serius banget kaya lagi bahas sesuatu(ada buku di meja itu),patutlah loe untuk waspada..
 
Wassalam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: